• Home
  • Pasang Iklan
  • unique visitors counter
Recent Articles

Nil Maizar Kunci Formasi

Sana Sini News - Satu formasi ideal sudah dikunci tim nasional (timnas) Indonesia. Formasi 4-4-2, dinilai juru taktik timnas Garuda, Nilmaizar, sebagai kerangka ideal jelang keikutsertaan Indonesia di ajang Piala AFF 2012.
 
Kurang dari satu bulan lamannya, Elie Aiboy dkk sudah harus mentas di ajang bergengsi negara-negara Asia Tenggara tersebut. Dan Laos, akan jadi musuh perdana timnas Garuda, 25 November mendatang. Laga perdana kontra Thim Xad, julukan Laos, banyak dinilai sebagai laga penting penentu langkah timnas.
 
Nil sendiri bukan sembarang menilai, formasi apa yang cocok untuk anak-anak asuhnya. Lebih mengedepankan keseimbangan di lini belakang dan tengah dengan memakai pola 4-4-2, sudah diuji dalam beberapa laga pemanasan. Bagi Nil, pola 4-4-2 lebih terlihat berhasil dari pada pola lain yang pernah dicoba.
 
“Kami dari tim pelatih, berusaha mematangkan yang saat ini sudah ada. Kami selama enam bulan terakhir terus mematangkan pola 4-4-2, tapi memang aplikasinya tergantung di lapangan. Kami pun terus sempurnakan formasi ini jelang Piala AFF,” ungkap Nil, saat dihubungi SINDO.
 
Timnas Garuda sendiri memang telah menjalani beberapa laga pemanasan sebelum Piala AFF. Selain berlaga diajang AL- Nakbah, timnas Indonesia sempat ditahan imbang, 2-2, oleh Filipina, (5/6). Tunduk, 0-2 dari Korea Selatan, (10/9). Dan dua kali bermain imbang, 0-0, saat bertemu Vietnam, (15/9), dan (16/10).
 
Adapun satu-satunya kemenangan yang mampu diraih timnas Garuda adalah, saat membekuk Brunei Darussalam lima gol tanpa balas, (26/9). Dari beberapa fakta hasil pertandingan yang sudah dijalani, timnas Indonesia sebenarnya belum bisa dibilang memuaskan.
 
“Kami terus lakukan evaluasi setelah melakukan beberapa uji coba seperti lawan Vietnam, Filipina, dan Brunei Darussalam. Tapi saya selalu menerapkan, jika semua pemain memiliki peluang yang sama di dalam timnas. Tidak ada pemain yang spesial buat saya,” papar Nil.
 
Dari formasi yang ada dan melihat baru 17 pemain yang bergabung, untuk lini belakang baru ada nama-nama seperti Nopendi, Hamdi Ramdhan, Diego Michiles, Valentino Telaubun, dan Fachrudin. Untuk lini tengah diisi Elie Aiboy, Rasyid Bakri, Taufiq, dan Oktovianus ‘Okto’ Maniani.
 
Mungkin hanya lini depan yang sedikit memiliki pilihan, karena Nil mengantongi beberapa nama seperti Samsul Arif, Bambang ‘Bepe’ Pamungkas, Irfan Bachdim, dan Andik Vermansyah. Nama-nama ini pun diharapkan bertambah, karena sebenarnya ada 35 pemain yang sudah didaftarkan ke AFF.
 
“Hanya memiliki waktu tiga minggu lagi jelang Piala AFF, di sinilah saatnya proses pematangan tim sudah harus didapat. Pematangan tim sendiri, meliputi kerja sama tim, skill individu pemain, dan tentunya mental yang harus terus terjaga,” tutup pelatih berusia 42 tahun tersebut.

Share and Enjoy:

0 komentar for this post

Leave a reply

We will keep You Updated...
Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!
Like me on Facebook subscribe to feeds My Ping in TotalPing.com
Sponsors
Pasang IklanPasang IklanPasang Iklan
Pasang IklanPasang IklanPasang Iklan
Popular Posts
Recent Stories
Connect with Facebook
Sponsors
Sponsors
Sponsors
Sponsors
Sponsor
Tag Cloud