• Home
  • Pasang Iklan
  • unique visitors counter
Recent Articles

Klub Krisis, Suporter Kritis

Sana Sini News - Kondisi sepakbola yang masih suram tidak hanya dirasakan sejumlah klub yang mengalami krisis di banyak aspek. Paling gelisah tentunya adalah suporter atau fans fanatik yang menunggu bagaimana geliat timnya dalam mempersiapkan diri musim depan.
 
Sialnya, hampir semua klub dengan domain suporter besar di Jawa Timur mengalami krisis, terutama krisis kepercayaan dari suporter. Persiapan kompetisi yang kurang terprogram dengan baik yang dipicu tidak menentunya kondisi finansial, membuat para penghuni tribun tidak tenang.
 
Dihitung dari jumlah dukungan di stadion, di Jawa Timur ada sejumlah klub yang memiliki suporter besar. Klub-klub itu adalah Persebaya Surabaya, Arema FC versi Indonesia Super League (ISL), Persela Lamongan, Persibo Bojonegoro, Persik Kediri, hingga Persegres Gresik.
 
Dari sekian banyak klub, hanya Persegres yang menatap musim depan dengan sedikit gairah. Permodalan klub yang lebih baik dibanding musim sebelumnya, serta keseriusan membangun kekuatan, membuat suporter Ultras pantas sedikit tersenyum walau belum bisa dikatakan tim bertabur bintang.
 
Sedangkan suporter lainnya relatif masih diliputi kegelisahan dengan berbagai alasan. “Alasan paling banyak ditemui adalah ketidakmampuan manajemen dalam mempertahankan kekuatan musim sebelumnya. Intinya suporter sangat khawatir dengan progres tim dan kepercayaan diri mereka di ambang kritis,” ungkap Suyitno, pengamat sepakbola asal Malang.
 
Menurutnya suporter sebenarnya memahami kondisi di tim, terutama menyangkut problem finansial. “Tetap saja suporter ingin melihat timnya lebih baik dibanding musim lalu, terlepas dari apa yang dihadapi manajemen klub. Saya rasa musim ini suporter harus ekstra bersabar,” katanya. Berikut kondisi suporter sejumlah klub menatap kompetisi musim depan:
 
-Bonek (Persebaya Surabaya)
 
Bonek yang musim sebelumnya terlihat adem ayem dengan perkembangan timnya, sempat bergolak karena situasi dalam manajemen dan tim Persebaya. Kabar adanya konflik di internal tim, krisis finansial, serta belum adanya pergerakan berarti menyongsong musim depan membuat Bonek sempat turun ke jalan. Suporter juga menghalangi niatan manajemen yang menunjuk Ibnu Grahan sebagai pelatih. Kondisi sejauh ini membuat Bonek pesimistis Bajul Ijo bakal lebih baik lagi di Indonesian Premier League (IPL) musim depan jika tidak ada perbaikan secepatnya. Sikap Bonek yang sempat turun ke jalan ini juga belum mendapatkan respons dari manajemen.
 
-Aremania (Arema ISL)
 
Akuisisi yang dilakukan Pelita Cronous serta batalnya merger Arema-Pelita Jaya membuat Aremania sedikit lega. Kini tidak ada lagi kamus defisit dana karena sudah ada Bakrie Grup di Stadion Kanjuruhan. Tim bertabur bintang pun bukan lagi sekadar impian. Tapi, apakah semua persoalan selesai? Belum. Fakta yang masih menjadi ganjalan Aremania adalah masih adanya dua Arema di Malang. Situasi yang mungkin bisa diabaikan tapi tidak bisa diingkari.
 
Aremania sadar, masih adanya dua Arema menjadikan klub mereka tidak lebih baik dibanding tim yang bangkrut sekalipun. Bahkan klub amatir pun tidak sampai menjadi dua seperti Arema. Selama Arema masih ada dua, Aremania tidak akan bisa berbangga walaupun nantinya salah satu dari kedua klub bisa merebut gelar juara. Situasi yang unik, karena Arema bergelimang dana justru di saat tim menjadi dua.
 
-LA Mania (Persela Lamongan)
 
Lepasnya sejumlah pemain terbaik musim lalu menjadi puncak kegelisahan LA Mania. Stadion Surajaya yang musim kemarin memuja Gustavo Lopez, Gede Sukadana, serta Aris Alfiansyah, kini sedikit muram. Memang Laskar Joko Tingkir kedatangan pelatih sekaliber Gomes de Oliviera sebagai pengganti sepadan Miroslav Janu.
 
Namun kehilangan kekuatan sedemikian besar sudah cukup membuat LA Mania gerah. Harapan mereka hanyalah menunggu hasil kerja Gomes yang telah memulai seleksi pemain. Minimal ada pengganti setera kekuatan yang hengkang, sehingga prestasi menembus empat besar musim sebelumnya tidak sia-sia. Sangat terlihat jelas LA Mania khawatir musim depan Persela kembali menjadi tim medioker atau spesialias papan tengah. Apalagi manajemen juga tengah mengalami krisis finansial hingga kesulitan bernegosiasi dengan pemain lama.
 
-Boromania (Persibo Bojonegoro)
 
Apa yang dialami Boromania nyaris sama dengan LA Mania. Suporter bertetangga yang tak pernah rukun ini menghadapi problem identik. Persibo Bojonegoro gagal mempertahankan tim yang telah memberikan gelar juara Piala Indonesia 2012 musim lalu. Nur Iskandar, Samsul Arif, Novan Setya, Jajang Paliama, Aang Suparman, serta Dian Irawan, pilih meninggalkan Stadion Letjen H Soedirman.
 
Bahkan pelatih Paulo Camargo tak berniat melanjutkan kerjanya di Bojonegoro. Boromania pantas pucat melihat timnya keropos, apalagi hingga sekarang belum ada perkembangan apa pun terkait pembentukan kekuatan untuk musim berikutnya. Krisis finansial membuat manajemen Persibo loyo dan kepercayaan dari Boromania berangsur menipis. Mereka tak bisa membayangkan jika musim berikutnya prestasi Persibo sama sekali tak berbekas.
 
-Persikmania (Persik Kediri)
 
Inilah suporter paling mengenaskan di sepakbola Jawa Timur dalam beberapa musim terakhir. Tiga musim terbenam di Divisi Utama, Persik belum menunjukkan tanda-tanda bakal kembali ke kasta tertinggi kompetisi nasional. Situasi malah sebaliknya, Macan Putih nyaris tak memiliki masa depan seiring dengan krisis keuangan berkepanjangan.
 
Musim lalu Persik gagal promosi ke IPL dan malah harus menanggung utang sekira Rp2 miliar lebih. Persikmania yang dulunya membanjir ke Stadion Brawijaya, kini lesu tak bergairah dan mulai malas datang ke stadion. Mereka harus melihat timnya semakin hancur dan nyaris tidak mempunyai masa depan. Persikmania tinggal berharap pada keajaiban untuk bisa melihat timnya kembali berjaya seperti kala menjuarai Liga Indonesia 2003 dan 2006 silam.

Share and Enjoy:

0 komentar for this post

Leave a reply

We will keep You Updated...
Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!
Like me on Facebook subscribe to feeds My Ping in TotalPing.com
Sponsors
Pasang IklanPasang IklanPasang Iklan
Pasang IklanPasang IklanPasang Iklan
Popular Posts
Recent Stories
Connect with Facebook
Sponsors
Sponsors
Sponsors
Sponsors
Sponsor
Tag Cloud